BMKG Kupang Bantah Kabar Badai di NTT dan Kota Kupang,Cuaca Ekstrem Tetap Waspada

zonantt

Kupang, ZonaNTT.Com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 2 El Tari Kupang dengan tegas membantah isu terkait adanya badai di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kota Kupang yang beredar melalui media sosial.

Kepala Stasiun Metrologi Kelas 2 El Tari Kupang, Sti Nenotek, S.Si., M.Si, mengklarifikasi melalui akun Instagram Infobkgeltari pada malam Minggu (10/3).

“Selamat malam, saya Sti Nenotek, Kepala Stasiun Metrologi Kelas 2 El Tari Kupang. Saya ingin menyikapi berita yang sedang beredar di media sosial terkait informasi dari aplikasi Windy tentang kemungkinan badai di NTT atau Kota Kupang. Kami dengan tegas menyatakan bahwa informasi tersebut adalah berita hoax,” ungkap Sti.

Sti Nenotek menjelaskan bahwa kondisi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini sebagaimana telah diumumkan sebelumnya pada tanggal 7 Maret 2024.

Menurutnya, mulai dari tanggal 8 hingga 14 Maret 2004, NTT akan mengalami cuaca ekstrem dengan intensitas hujan sedang hingga lebat, bahkan dapat disertai petir dan angin kencang selama hujan.

“Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat Kota Kupang untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem selama periode tersebut.

Terutama bagi yang berada di lereng gunung, tepi sungai, atau tepi kali, diharapkan lebih waspada. Jika terjadi hujan atau banjir, segera lakukan evakuasi atau pindah ke tempat yang lebih aman guna menghindari potensi bencana,” tambahnya.

Dalam video klarifikasinya, Sti Nenotek juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkait cuaca untuk menghubungi kantor BMKG dengan nomor kontak 0380 8816 13.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *