Kontrak KPU dengan Alibaba untuk Layanan Cloud Dipertanyakan dalam Sengketa Informasi

zonantt

Jakarta, ZonaNTT.Com – Dalam sidang lanjutan sengketa informasi antara Yayasan Advokasi Hak Konstitusional (Yakin) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Kantor Komisi Informasi Pusat (KIP) Jakarta, terungkap bahwa KPU telah menjalin kontrak dengan perusahaan teknologi Tiongkok, Alibaba, untuk pengadaan dan kontrak komputasi awan (cloud) yang digunakan dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) selama Pemilu 2024.

Hal ini diakui oleh perwakilan KPU, Luqman Hakim, dalam menjawab pertanyaan ketua majelis komisi Syawaludin.

Meskipun kontrak antara KPU dan Alibaba menjadi informasi yang dimohonkan oleh Yakin dan disengketakan ke KIP karena ketidakpuasan dengan jawaban yang diberikan, KPU menyimpulkan bahwa permohonan Yakin tentang kontrak dengan Alibaba merupakan informasi yang dikecualikan.

Namun, anggota majelis komisi, Rospita Vici Paulyn, menegaskan bahwa Peraturan Komisi Informasi Nomor 1/2021 menegaskan bahwa pengadaan barang dan jasa merupakan informasi yang terbuka dan wajib diumumkan secara berkala.

Rospita juga menyoroti bahwa dokumen kontrak pengadaan tersebut merupakan bukti yang dapat ditunjukkan KPU kepada publik tentang kerja sama dengan pihak ketiga, dalam hal ini Alibaba.

Namun, ketidakpuasan terus berlanjut, dan majelis komisi meminta KPU untuk menunjukkan bagian-bagian dokumen pengadaan kontrak dengan Alibaba yang dikecualikan pada sidang berikutnya atau KIP akan melakukan pemeriksaan setempat.

Ketua Yakin, Ted Hilbert, tidak puas dengan jawaban KPU dan menganggapnya irasional. Ia menyatakan bahwa KPU bisa menutup informasi terkait keamanan siber yang sensitif saat memberikan dokumen kontrak pengadaan dengan Alibaba.

Selain itu, informasi tentang lokasi server KPU dianggap penting untuk diketahui di tengah kontroversi yang timbul di masyarakat, seperti klaim server berada di China atau Prancis, sementara analisis menunjukkan adanya banyak alamat IP terkait infrastruktur KPU di Singapura ** Gelora.co**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *