29 Orang Hilang Kontak Akibat Hujan Deras, Picu Banjir Bandang

zonantt

Sumatera, ZonaNTT.Com – Tim gabungan timsar terus intensif melanjutkan upaya pencarian enam korban yang masih belum ditemukan akibat bencana banjir bandang di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Dalam mengejar titik terang, area pencarian diperluas menyusuri aliran Sungai Batang Tarusan dan kawasan langgai, dengan melibatkan perahu karet dan bahkan menggunakan teknologi drone.

Upaya penyelesaian krisis terus diperluas, dengan total 29 korban yang masih hilang dalam bencana tersebut.

Hingga saat ini, 23 korban tewas telah ditemukan, sementara delapan orang masih dalam pencarian intensif.

Petugas bergerak di tiga titik utama sesuai data keberadaan korban, yakni di wilayah langgai Kecamatan Sutra, lumpo Kecamatan Bayang, dan arus banjir di Kecamatan Koto Sabaleh Tarusan.

Meski sudah dilakukan pencarian di sejumlah lokasi, hasilnya masih nihil. Upaya dilakukan di Kecamatan Koto 11 Tarusan, Kecamatan Sutera, dan di Sungai Batangbayang, namun belum ada tambahan korban yang berhasil ditemukan.

Proses pencarian menjadi semakin rumit karena medan yang sulit diakses, terutama di lokasi longsor di langgai Kecamatan Sutra yang terletak di atas bukit, membutuhkan perjalanan sejauh 5 km dengan kendala medan yang sulit dijangkau.

Situasi darurat melibatkan puluhan ribu warga terdampak banjir, terutama di Kota Padang dengan jumlah terdampak mencapai 8.118 jiwa, dan Kabupaten Padang Pariaman dengan 3.421 jiwa terdampak.

Pesisir Selatan mengalami evakuasi 529 jiwa dengan total 74.934 jiwa terdampak, serta korban tewas sebanyak 23 orang dan enam orang masih dalam pencarian.

Melansir dari Youtube TvOneNews, Wahyudi Agus Yudi dari TV1 memberikan informasi terkini terkait proses pencarian korban.

Tim Basarnas gabungan dari Kantor SAR Padang, SAR Jambi, dan SAR Bengkulu melakukan evakuasi 23 korban pada hari ini.

Pencarian terus dilakukan, meskipun medan sulit di langgai Kecamatan Sutra. Pencarian menggunakan gelombang-gelombang kecil dan besar dalam air, serta teknologi drone, namun hingga sore ini belum ada tambahan korban yang ditemukan.

Pencarian akan terus ditingkatkan mengingat kesulitan medan yang dihadapi petugas” Imbuhnya Wahyudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *