Nasdem Tanpa Bergantung Pada PDIP, Tetap Dorong Hak Angket Pemilu 2024

zonantt

Kupang, ZonaNTT.Com – Partai Nasdem mengalami perubahan sikap terkait rencana mengajukan hak angket di parlemen atau DPR.

Saat ini, mereka tidak lagi bergantung pada PDI Perjuangan untuk mengusulkan hak angket terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Ketua DPP Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto, dengan tegas menyatakan bahwa partainya akan terus mendorong pengajuan hak angket, tanpa memperhitungkan sikap fraksi PDI Perjuangan di parlemen” Dikutip dari Youtube Kompas TV Pontianak, Kamis (7/3/24)

Perubahan sikap ini dipicu oleh pandangan bahwa pengajuan hak angket tidak harus didasarkan pada jumlah anggota dewan yang signifikan.

Meskipun demikian, Nasdem menekankan bahwa fokus mereka saat ini adalah menunggu proses penghitungan sah suara oleh Komisi Pemilihan Umum pada 20 Maret mendatang.

Sugeng Suparwoto menegaskan bahwa partainya menghormati proses penghitungan KPU dan berkomitmen untuk mengambil langkah yang dianggap tepat, bahkan tanpa dukungan dari PDI Perjuangan.

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga turut aktif dalam mengawal rekapitulasi suara di tingkat kabupaten dan provinsi.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu PPP, Achmad Baidowi, menyatakan bahwa keputusan terkait usulan hak angket akan diambil dalam rapat internal partai.

Baidowi menegaskan bahwa hak politik, termasuk hak angket dan hak interpelasi, merupakan bagian dari hak menyatakan pendapat dalam demokrasi.

Meski keputusan tentang pengajuan hak angket belum diputuskan, PPP berkomitmen untuk terus mengawal rekapitulasi suara di tingkat daerah.

Rapat internal partai dijadwalkan dalam waktu dekat untuk membahas langkah selanjutnya, mengingat anggota partai masih aktif mengawal rekapitulasi juara di tingkat kabupaten dan provinsi agar tidak ada kehilangan data yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *