Partai PDIP, PKS, dan PKB Ajukan Hak Angket terkait Pemilu 2024

zonantt

Jakarta, ZonaNTT.Com – Beberapa anggota DPR telah mengajukan hak angket resmi dalam rapat paripurna ke-13 pembukaan masa sidang IV 2023-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa (5/3/2024).

Yang menarik, hanya tiga partai politik (PDIP, PKS, dan PKB) yang resmi mewakili dan mengajukan hak angket.

Melansir dari Gentapost.com, Aus Hidayat Nur dari Fraksi PKS, Luluk Nur Hamidah dari Fraksi PKB, dan Aria Bima dari Fraksi PDIP menjadi perwakilan yang menyampaikan usulan tersebut.

Aus Hidayat menyatakan bahwa sebagian masyarakat berharap agar DPR RI menggunakan hak angket untuk klarifikasi kecurigaan terhadap sejumlah masalah dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Luluk Nur Hamidah dari PKB mendukung usulan tersebut dengan menyatakan bahwa hak angket dilakukan untuk memberikan kepastian bahwa proses Pemilu 2024 benar-benar berdasarkan daulat rakyat.

Dia juga menyoroti dugaan penyalahgunaan kekuasaan untuk memenangkan Paslon tertentu.

Aria Bima dari PDIP, dalam intrupsinya, berharap para pimpinan DPR bisa bijak menyikapi usulan tersebut, baik melalui hak angket, interpelasi, atau bentuk pengawasan lainnya.

Dia menekankan perlunya koreksi untuk memastikan kualitas pemilu ke depan dan mengakhiri desas-desus kecurigaan yang tidak perlu.

Pandangan serupa juga diungkapkan oleh politisi tersebut, yang semuanya sepakat bahwa hak angket dapat menjadi sarana untuk menemukan titik terang, sekaligus meningkatkan kualitas pemilu ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *