Berita  

Material Longsor Timbun Jalan di Desa Gurung NTT, Akses Lumpuh 4 Hari

zonantt

Kupang, ZonaNTT.Com – Dua jalur vital di Desa Gurung, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi korban longsor, menyebabkan lumpuhnya arus lalu lintas selama empat hari. Sejak Malam Rabu, (21/2/24).

Ruas Jalan Orong (Kecamatan Welak) menuju Golowelu (Kecamatan Kuwus) dan Jalan Kampung Lempa menuju Kampung Tangis kini tidak dapat dilalui karena tertutup oleh material longsor berupa lumpur dan batu-batu besar.

Sekretaris Desa Gurung, Rikardus Syukur, mengungkapkan bahwa sepanjang sekitar 70 meter jalan telah tertimbun material longsor, membuatnya sulit untuk dilalui.

Upaya swadaya masyarakat untuk membersihkan material tersebut terbukti tidak memadai, mengingat diperlukan alat berat untuk menanggulangi batu-batu besar yang melintang di jalan.

Desa Gurung tidak tinggal diam, dan pihak desa telah melaporkan kejadian tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Surat laporan bencana alam telah disampaikan kepada Bupati Manggarai Barat dan disalurkan ke DPRD Manggarai Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Dinas Sosial Manggarai Barat.

Riki, Sekretaris Desa Gurung, menginformasikan bahwa mereka tengah menantikan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, yang dijanjikan akan tiba pada hari Senin mendatang.

Dampak dari longsor tidak hanya terasa pada lumpuhnya arus lalu lintas, tetapi juga merusak satu rumah warga dan melaporkan tumbangnya sejumlah pohon bernilai ekonomi, seperti kemiri dan mahoni.

Meskipun Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Manggarai Barat, Isfridus Tobong, belum dapat dikonfirmasi terkait penanganan bencana alam di Desa Gurung, upaya serta harapan warga dan pemerintah setempat terus terfokus pada pemulihan akses jalan dan rehabilitasi daerah yang terdampak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *