Berita  

Greenland Pulau Es Megah dengan Fakta Menarik dan Keajaiban Alamnya.

zonantt

Jakarta, ZonaNTT.Com – Greenland adalah sebuah pulau raksasa yang terperangkap di kejauhan Samudra Atlantik utara, memang menyimpan pesona alam luar biasa dan fakta-fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui.

Dengan luas total mencapai 2,16 juta kilometer persegi, pulau ini menjadi yang terbesar di dunia di luar benua, dengan hampir 80 persen wilayahnya tertutup oleh lapisan es yang megah.

Meskipun begitu, kepadatan penduduknya menjadi yang terendah di dunia, dengan hanya 0,03 orang per kilometer persegi. Ternyata, pulau ini dulunya berwarna hijau, sekitar 2,5 juta tahun yang lalu, sebelum menjadi lautan es yang memukau seperti sekarang.

Melansir dari Tempo.co, Nama “Greenland” sendiri dipercayai berasal dari keinginan Erik The Red untuk menarik lebih banyak pemukim dengan menyematkan nama yang menjanjikan hijau subur, meski mayoritas wilayahnya kini ditutupi oleh es dan salju.

Pemandangan alam yang menakjubkan tidaklah satu-satunya daya tarik Greenland. Pulau ini adalah negara otonom di Kerajaan Denmark sejak 1979, memberikan lebih banyak kekuasaan dan tanggung jawab kepada penduduknya. Bahkan, Greenland memiliki tiga situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk Ilulissat Icefjord yang menakjubkan.

Tidak hanya itu, keberadaan sumber air panas di Pulau Uunartoq juga menjadi kejutan, menawarkan tempat berendam yang menyenangkan di tengah iklim yang sebagian besar dingin.

Sejarah Greenland mencakup migrasi manusia selama lebih dari 4.500 tahun, dari suku Norse hingga kedatangan suku Inuit yang tetap berakar hingga sekarang.

Dengan 88 persen penduduknya adalah suku Inuit, Greenland menjaga warisan budaya yang kaya dan unik. Namun, menariknya, mereka tidak suka disebut ‘eskimo’, lebih suka disebut Inuit atau Kalaallit.

Transportasi di Greenland juga unik, karena meski memiliki lahan yang luas, belum ada jalan raya yang menghubungkan pemukiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *