Berita  

Ramuan Sederhana Mengatasi Hama Tanaman Padi

zonantt

Kupang, ZonaNTT.Com – Dengan satu ramuan sederhana, kita dapat mengatasi berbagai masalah hama pada tanaman padi, mulai dari ulat grayak, patah leher pada tanaman, hingga serangan wereng, Walang Sangit, dan kutu kebul. Mari kita simak toturialnya

Sebuah obat nyamuk bakar menjadi kunci utama dalam melawan ancaman hama ini. Satu pasang obat nyamuk bakar, yang biasanya cukup untuk satu tangki gendong berukuran 16 liter, menjadi bahan dasar yang efektif.

Proses pembuatannya dimulai dengan menghancurkan obat nyamuk tersebut dengan lembut, meskipun sebenarnya sebaiknya ditumbuk agar proses pelarutannya lebih cepat.

Langkah selanjutnya melibatkan air mendidih atau air panas. Air panas digunakan untuk memastikan obat nyamuk terlarut secara optimal dalam air.

Meskipun bisa juga menggunakan air dingin atau menumbuk obat nyamuk sampai halus, menggunakan air panas diyakini mempercepat proses meresapnya ke dalam air.

Tahap berikutnya membutuhkan kesabaran, karena air panas membuat obat nyamuk menjadi keras, sehingga perlu menunggu beberapa waktu hingga benar-benar meresap ke dalam air.

Setelah sekitar 20 menit, ketika campuran sudah dingin, kita dapat menggunakan tangan untuk memeriksa apakah obat nyamuk sudah benar-benar tercampur rata.

Penting untuk memastikan bahwa racun instek dalam obat nyamuk tersebut meresap sepenuhnya ke dalam air. Ini merupakan langkah krusial agar insektisida atau pestisida yang dihasilkan benar-benar efektif dalam membasmi berbagai jenis hama tanaman seperti ulat grayak, wereng, Walang Sangit, dan kutu kebul.

Dengan menggunakan cara ini, hasil uji coba menunjukkan bahwa racun kontak yang dihasilkan sangat efektif.

Hama yang terkena langsung akan mati dalam hitungan detik. Setelah proses ini selesai, pestisida atau insektisida homemade dapat disimpan dalam botol untuk penggunaan selanjutnya.

Metode ini tidak hanya efektif dalam memerangi hama tanaman, tetapi juga lebih ekonomis daripada pembelian pestisida komersial. Dengan menggunakan bahan yang umumnya tersedia di setiap rumah, kita dapat menciptakan solusi pestisida yang ampuh dan ramah lingkungan.

Oke, semoga tips ini bermanfaat untuk melindungi tanaman kita dari serangan hama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *