Pelanggaran Pemungutan Suara Membuat Dua TPS di Kabupaten Kupang Akan Jalani PSU?

zonantt

Kupang, ZonaNTT.Com – Dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Kupang menghadapi tantangan serius setelah pelaksanaan Pemilu serentak Pilpres dan Pileg 2024.

Kabupaten tersebut, yang mencakup 1076 TPS tersebar di 24 kecamatan, 160 desa, dan 17 kelurahan, mengumumkan bahwa dua TPS, yaitu TPS 24 Desa Noelbaki dan TPS 9 Kelurahan Sulamu, akan menjalani pemungutan suara ulang (PSU) karena pelanggaran dalam proses pemungutan dan perhitungan suara.

Melansir dari Suarantt.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Nikson Manggowa, memberikan pengungkapan melalui pesan WhatsApp pada hari Minggu (18/2/2024), mengungkapkan bahwa mereka telah mengajukan permohonan PSU ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Meskipun rencananya PSU akan dilaksanakan pada 24 Februari 2024, namun persetujuan dari KPU Provinsi masih menunggu.

Nikson Manggowa memaparkan bahwa penyebab PSU di TPS 24 Desa Noelbaki adalah adanya 5 pemilih dari luar daerah Kabupaten Kupang yang diterima oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK)” Jelas Ketua KPU kab Kupang

Lanjut, Di sisi lain, di Kecamatan Sulamu, kesalahan administrasi mencuat ketika Ketua KPPS meminta pemilih untuk menandatangani surat suara, menjadi temuan yang memicu pengajuan PSU.

untuk diketahui bahwa proses pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara kecamatan, yang awalnya dijadwalkan serentak pada tanggal 19 Februari 2024, akhirnya ditunda hingga tanggal 21 Februari 2024.

Ketidakpastian masih mewarnai nasib PSU, menunggu persetujuan dari KPU Provinsi, sementara Kabupaten Kupang menanggapi dengan kewaspadaan terhadap pelanggaran dalam sistem demokrasi yang mereka hadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *